Manfaat Mikoriza Bagi Tanaman Serta Jenisnya

Manfaat Mikoriza Bagi Tanaman Serta Jenisnya - Manfaat yang diperoleh tanaman inang dari adanya asosiasi mikoriza adalah sebagai berikut :
Manfaat Mikoriza Bagi Tanaman Serta Jenisnya
1. Meningkatkan penyerapan unsur hara. Tanaman yang bermikoriza biasanya tumbuh lebih baik daripada yang tidak bermikoriza, dapat meningkatkan penyerapan unsur hara makro dan beberapa unsur hara mikro. Selain itu akar tanaman yang bermikoriza dapat menyerap unsur hara dalam bentuk terikat dan tidak tersedi auntuk tanaman.
2. Tahan terhadap serangan pathogen. Mikoriza dapat berfungsi sebagai pelindung biologi bagi terjadinya infeksi patogen akar. Mekanisme perlindungan ini bisa diterangkan sebagai berikut:
- adanya lapisan hifa(mantel) dapat berfungsi sebagai pelindung fisik untuk masuknya pathogen
- mikoriza menggunakan hampir semua kelebihan karbohidrat dan eksudat akar lainnya, sehingga tidak cocok bagi patogen.
- fungi mikoriza dapat melepaskan antibiotik yang dapat menghambat perkembangan patogen
3. Sebagai konservasi tanah. Fungi mikoriza yang berasosiasi dengan akar berperan dalam konservasi tanah, hifa tersebut sebagai kontributor untuk menstabilkan pembentukan struktur agregat tanah dengan cara mengikat agregat-agregat tanah dan bahan organik tanah
4. Mikoriza dapat memproduksi hormon dan zat pengatur tumbuh Fungi mikoriza dapat memberikan hormon seperti auxin, sitokinin, giberellin, juga zat pengatur tumbuh seperti vitamin kepada inangnya.-Sebagai sumber pembuatan pupuk biologis.-Fungi ini dapat diisolasi, dimurnikan dan diperbanyak dalam biakan non-esensial.
5. Isolat-isolat tersebut dapat dikemas dalam bentuk inokulum dan sebagai sumber material pembuat pupuk biologis yang dapat beradaptasi pada kondisi daerah setempat.
6. Sinergis dengan mikroorganisme lain Keberadaan mikoriza juga bersifat sinergis dengan mikroba potensial lainnya seperti bakteri penambat N dan bakteri pelarut fosfat.
7. Mempertahankan keanekaragaman tumbuhan Fungi mikoriza berperan dalam mempertahankan stabilitas keanekaragaman tumbuhan dengan cara transfer nutrisi dari satu akar tumbuhan ke akar tumbuhan lainnya yang berdekatan melalui struktur yang disebut Bridge Hypae.

Berdasarkan struktur tumbuh dan cara simbiosisnya terbagi ke dalam 2 golongan besar:

Manfaat Mikoriza Bagi Tanaman Serta Jenisnya
1. Endomikoriza
• Struktur organ fungi  = mikro.
• Hifa internal dan eksternal, arbuskula, vesikula dan spora umumnya terbentuk di dalam / menembus akar.
• Bersimbiosis dengan 90% famili tanaman darat kehutanan, pertanian (pangan dan hortikultura),perkebunan, dan tanaman pakan ternak.
• Belum dapat dikulturkan pada media buatan tanpa kehadiran tanaman atau akar tanaman.
• Genus (berdasarkan morfologi spora dan DNA)
• Glomus, Acaulospora, Entrophospora,Gigaspora, Scutellospora, Archaeospora, Paraglomus, Geosiphon, Intraspora, Kuklospora, Appendicispora, Diversispora, dan Pacispora.
2. Ektomikoriza
• Struktur organ fungi  dapat dilihat tanpa mikroskop (terlihat ada mantel hifa yang menyelimuti ujung akar tanaman).
• Infeksi tidak menembus sel-sel akar (hanya pada rongga antar sel) membentuk Hartig net.
• Bersimbiosis dengan tanaman tertentu: Pinus, Ekaliptus, Merbau, Dipterocarpaceae (keluarga meranti) Saninten, dan Melinjo.
• Dapat dikulturkan pada media buatan tanpa kehadiran tanaman atau akar tanaman (miselia dapat ditumbuhkan pada media kultur agar dan cair).

Artikel Manfaat Mikoriza Bagi Tanaman Serta Jenisnya ini dibuat berdasarkan referensi dari materi bahan kuliah saya, semoga dapat menambah wawasan anda.

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Manfaat Mikoriza Bagi Tanaman Serta Jenisnya"

Post a Comment

Komentar Anda akan langsung ditampilkan, namun Anda perlu memperhatikan tata tertib berkomentar:
1. Komentar harus relevan dengan konten yang dibaca
2. Tidak mengandung unsur SARA dan Provokasi.
4. Tidak menyisipkan link pada isi komentar, link aktif maupun tidak.

Komentar yang tidak memenuhi ketiga syarat tersebut pasti akan kami HAPUS, terima kasih