Inilah Pengertian lndeks Viskositas

lndeks viskositas adalah suatu tanda perubahan dari perubahan rata-rata viskositas fluida sesuai dengan perubahan pada suhu tertentu. Suatu fluida yang mempunyai viskositas secara relatif stabil pada perbedaan suhu yang besar, fluida tersebut mempunyai indeks viskositas yang tinggi. Oli hidrolik harus mempunyai indeks viskositas sekitar 100. Dan hampir semua jenis oli mempunyai bahan-bahan tambah yang disebut "penambah indeks viskositas" untuk meningkatkan angka indeks viskositas lebih dari 100. Akhir-akhir ini, pemberian bahan tambahan secara kimia melalui penyulingan telah terbukti meningkatkan indeks viskositas berjenis-jenis oli hingga mencapai di atas angka 100. lndeks viskositas sangatlah diperlukan apabila perangkat hidrolik beroperasi pada suhu-suhu yang sangat ekstrim. Ya, umumnya benda akan mengalami pengurangan viskositas jika suhu dinaikan. Hal ini berkaitan dengan struktur molekul dalam cairan tersebut; ketika diberi panas, jarak antar molekul dalam cairan akan menjadi agak renggang sehingga menjadi "kurang padat". Hal ini jugalah yang menyebabkan cairan berubah menjadi gas ketika di panaskan. Perubahan kondisi dari cairan yang "lebih padat" menjadi cairan yang "kurang padat" menyebabkan cairan lebih mudah mengalir, alias memiliki viskositas lebih rendah.

Inilah Pengertian lndeks Viskositas

Viskositas suatu cairan heterogen tergantung pada komposisi penyusun cairan tersebut. Minyak kelapa sebagian besar mengandung asam laurat, yang memiliki viskositas 7.30 mPa•s, namun konstituen penyusun minyak kelapa sebenarnya cukup bervariasi, dari asam kaproat yang memiliki rantai karbon 6 hingga asam arachidic yang memiliki rantai karbon 20. Umumnya, asam lemak memiliki viskositas yang jauh lebih tinggi dibandingkan alkana. 

Sedangkan minyak tanah komposisinya sangat bervariasi karena disusun oleh alkana dengan rantai karbon 6 hingga 16. Rantai karbon 6, heksana, memiliki viskositas 0.294 mPa•s sedangkan rantai karbon 16, heksadekana, memiliki viskositas 3.34 mPa•s. Jadi, viskositas minyak tanah cukup bervariasi antara 0.294-3.34 mPa•s, tergantung dari kualitas minyak tanah tersebut.

Mengapa heksana memiliki viskositas lebih rendah? Semakin rendah jumlah atom karbonnya, semakin rendah pula daya tarik antar molekulnya yang menyebabkan cairan tersebut menjadi "kurang padat" sehingga dapat mengalir lebih cepat, dan juga dapat menguap lebih cepat.

No comments:

Post a Comment

Komentar Anda akan langsung ditampilkan, namun Anda perlu memperhatikan tata tertib berkomentar:
1. Komentar harus relevan dengan konten yang dibaca
2. Tidak mengandung unsur SARA dan Provokasi.
3. Tidak menyisipkan link pada isi komentar, link aktif maupun tidak.

Komentar yang tidak memenuhi ketiga syarat tersebut pasti akan kami HAPUS, terima kasih