Faktor - Faktor yang Mempengaruhi Iklim di Indonesia

Faktor - Faktor yang Mempengaruhi Iklim di Indonesia

Inilah faktor - faktor yang mempengaruhi iklim di Indonesia:
a. Suhu udara
Karena posisi Indonesia terletak pada lintang yang rendah, maka Indonesia memiliki suhu rata –rata tahunan yang tinggi yaitu kurang lebih 26oc. suhu udara di pengaruhi oleh iklim karena suhu yang tinggi akan mengakibatkan banyak penguapan apalagi dilihat dari letak geografis Indonesia, memungkinkan adanya penguapan yang besar, oleh karena itu pada musim kemarau kadang – kadang juga masih banyak hujan. Dengan demikian tidak ada batas yang jelas antara musim kemarau dan musim penghujan.

b. Kelembaban udara
Kelembaban udara ialah keadaan fisik atmosfer dalam hubungannya dengan uap air. Dalam kaitannya dengan air yang selalu terdapat dalam atmosfer, berupa uap(gas), butir-butir air atau es yang melayang-layang(awan, kabut). Jumlahnhya sekitar 2% dari massa seluruh atmosfer. Tetapi jumlah ini tidak tetap dan berkisar antara hampir 0%-5%. Sebagai Negara kepulauan yang memiliki laut yang luas, iklim tropis dan suhu yang tinggi , maka penguapan di Indonesia sangat banyak sehingga kelembaban udara selalu tinggi.

c. Curah hujan
Sebagai Negara kepulauan yang memiliki laut yang luas, iklim tropis dan suhu yang tinggi , maka penguapan di Indonesia sangat banyak sehingga kelembaban udara selalu tinggi. Kelembaban udara yang tinggi inilah yang akan menyebabkan curah hujan yang tinggi pula. Meskipun demikian, banyaknya curah hujan di Indonesia juga dipengaruhi oleh beberapa factor. Diantaranya yaitu :
- Letak daerah konvergensi antartropis
- Bentuk medan dan arah lereng medan
- Arah angin yang sejajar dengan pantai
- Jarak perjalanan angin di atas medan datar
- Posisi geografis daerahnya.

Rata – rata curah hujan di Indonesia tergolong tinggi, yaitu lebih dari 2000 mm/tahun. Daerah yang paling tinggi curah hujannya yaitu daerah baturaden di lereng gunung slamet dengan rata – rata curah hujan kurang lebih 589 mm/bulan. Daerah yang paling kering adalah daerah palu, Sulawesi tengah dengan curah hujan rata-rata kurang lebih 45,.5 mm/bulan.

d. Kebutuhan pangan atau memproduksi pangan
Hal tersebut di pengaruhi iklim karena penting mengingat setiap jenis tanaman pada berbagai tingkat pertumbuhan memerluhkan kondisi iklim yang berbeda-beda. Hasil suatu jenis tanaman bergantung pada interaksi antara factor genetic dan factor lingkungan seperti jenis tanah, topografi, pengelolaan, pola iklim, teknologi dan factor ekonomi. Dari factor lingkungan, maka factor tanah telah banyak dipelajari dan difahami dibandingkan dengan factor iklim. Dan iklim ini merupakan salah satu peubah dalam produksi pangan yang sukar di kendalikan. Oleh karena itu dalam usaha pertanian, pada umumnya cara – cara bertani disesuaikan dengan kondisi iklim setempat.

Artikel terkait lainnya:
• Pengaruh Iklim Terhadap Tanah
• Jenis Iklim - Iklim Yang Terjadi Di Indonesia
• Pengaruh Cuaca dan Iklim Terhadap Kehidupan Manusia
• Dampak Perubahan Iklim Terhadap Makhluk Hidup
• Perubahan Iklim Terhadap Ketahanan Pangan Nasional

Artikel Faktor - Faktor yang Mempengaruhi Iklim di Indonesia ini dibuat berdasarkan referensi dari materi bahan kuliah saya, semoga membantu dan dapat menambah wawasan anda.

No comments:

Post a Comment

Komentar Anda akan langsung ditampilkan, namun Anda perlu memperhatikan tata tertib berkomentar:
1. Komentar harus relevan dengan konten yang dibaca
2. Tidak mengandung unsur SARA dan Provokasi.
3. Tidak menyisipkan link pada isi komentar, link aktif maupun tidak.

Komentar yang tidak memenuhi ketiga syarat tersebut pasti akan kami HAPUS, terima kasih