Cara Budidaya Timun Suri Yang Efektif

Iseng-iseng 3 bulan yang lalu saya mencoba membudidayakan timun suri pada lahan keluarga saya yang kosong/tidak di pakai, lahannya sekitar 5 borongan lah, tapi yang saya gunakan hanya sekitar 1 borong lebih saja karena saya hanya tahap mencoba budidaya. Dan saya saat ini sudah panen loh, ternyata harganya lumayan untuk saya yaitu sekitar 10ribu- 20ribu /biji (tergantung dari ukuran besarnya buah). Sedangkan modal yang di keluarkan hampir tidak ada karena bibit, pupuk, dan alat lainnya minta sama ayah.. hehee karena kebetulan juga ada pupuk organik yang tidak digunakan ayah. Katanya buah timun suri mengalami puncak permintaannya setiap bulan puasa sebagai sajian untuk berbuka, kayanya harganya makin naik lagi neh, :D.
Cara Budidaya Timun Suri Yang Efektif

Buah timun suri selain enak jika dicampur dengan susu, sirup, dll juga bermanfaat loh.. Sudah enak bermanfaat pula.. makyuuss.. :mrgreen: yaitu timun suri dapat mencegah timbulnya kanker pada saluran pencernaan. Selain itu timun suri juga kaya akan provitamin A, yang berfungsi menjaga kesehatan mata dan sebagai antioksidan alami pencegah rusaknya sel tubuh  penyebab penuaan dini. Vitamin C di dalam timun suri juga tinggi loh, vitamin ini  mampu mencegah timbulnya ganguan penyakit flu dan inveksi karena sifat vitamin C dapat berfungsi sebagai anti virus dan pencegah infeksi. Selain vitamin, juga ada mineral esensial seperti kalsium, fosfor dan zat besi juga banyak terdapat di dalam timun suri. Jadi tunggu apalagi ayo kita sama-sama belajar membudidayakan timun suri dengan memanfaatkan lahan yang kosong maupun sempit, supaya bisa di makan nanti buahnya. hehe

Cara budidaya timun suri yang efektif:

1. Penanaman

Saya Akhmad disini menyarankan agar terlebih dahulu melakukan penanaman didalam polybag berukuran kecil sebelum langsung ke lahan, hal ini dimaksudkan agar mengurangi resiko kematian pada bibit yang akan ditanam karena dilahan banyak sekali faktor yang akan mengakibatkan bibit ini mati misalnya saja hama, cuaca dan lain sebagainya, sebelum menanam siapkan terlebih dahulu polybag berukuran kecil (kalau tidak ada bisa diganti wadah plastik aqua) kemudian di isi dengan pupuk kandang dan tanah gembor perbandingan 2:1. Lalu masukkan bibit timun suri ke dalam polybag kecil tadi dengan kedalaman antara 2-3cm lalu tutup denga tanah yang butirannya kecil, tanam dengan 1 biji 1 polybag (kalau tidak yakin bisa 2 biji dah.. hehee). Setelah tanaman timun suri berdaun 2 atau 3 baru di pindahkan ke lahan yang sudah di olah. Biasanya tanaman timun suri ini tumbuh secara serempak pada 7 HST ( Hari Setelah Tanam). Jika ada yang belum tumbuh sampai umur tersebut maka lakukan penyulaman dengan menanam benih timun suri kembali.

2. Pengolahan lahan

Lahan dibersihkan lebih dahulu dari gulma, kemudaian buat lubang tanam berukuran 1 x 1 meter dengan kedalaman maksimal 30 cm dengan jarak antar lubang sekitar 2-3 dapa (9- 12 meter), masukkan pupuk organik seperti granol, kompos atau pupuk kandang dalam tiap lubang masing-masing sekitar 1,5 kg (ter gantung dari kesuburan tanah dan lebih banyak lebih baik karena pupuk organik tidak mempunyai efek samping yang berarti seperti pupuk anorganik). Lalu masukkan bibit di dalam polybag tadi setelah timun suri mempuyai 2 atau 3 daun. Sebaiknya pengolahan lahan ini anda lakukan setelah 3 hari penanaman bibit ke polybag ukuran kecil.

3. Pemeliharaan

Lakukan penyiangan apabila gulma sudah terlihat banyak dan mengganggu tanaman, tapi apabila tanaman sudah tua dan berbuah tanaman ini malah mampu bersaing dengan gulma, bahkan jika sudah berbuah, gulma ini menguntungkan karena menjadi alas antara buah dengan tanah. Karena apabila timun suri sudah berbuah, setiap buah yang membesar sebaiknya dialasai dan tidak berhubungan langsung dengan tanah untuk menghindari buah dimakan cacing dan hewan hewan yang berasal dari dalam tanah. Timun suri merupakan tanaman yang bandel dan tahan kekeringan. Untuk itu penanganannya tidak terlalu sulit dan tidak perlu disiram secara rutin.

Pemupukan Pupuk NPK (2:1:1) di lakukan pada 14 hari setelah tanam hal ini di maksud untuk merangsang pertumbuhan timun suri sedangkan jika umurnya sudah mencapai 2 bulan maka kebutuhan pupuk tanaman sudah terpenuhi oleh pupuk organik yang mengurai di dalam tanah yang sudah di berikan pada awal pembuatan lubang.

4. Panen

Umur 100 HST timun suri sudah bisa mulai dipanen. Panen biasanya dilakukan sampai tanaman berusia 130 HST. Panen dilakukan dengan cara mengecek buah yang mengeluarkan aroma harum khas tmun suri. Biasanya panen dilakukan sampai 10 kali pengambilan. Lakukan pencucian, sortasi dan pengkelasan lalu packing untuk dijual ke pasar ataupun kerumah-rumah.

Terima kasih sudah meluangkan waktu berharga anda untuk membaca artikel tentang cara budidaya timun suri yang efektif, semoga dengan adanya artikel ini dapat membantu penyelesaian atau mempermudah masalah anda. Amin.
Oke, demikian saja artikel kali ini semoga bermanfaat.

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Cara Budidaya Timun Suri Yang Efektif"

Post a Comment

Komentar Anda akan langsung ditampilkan, namun Anda perlu memperhatikan tata tertib berkomentar:
1. Komentar harus relevan dengan konten yang dibaca
2. Tidak mengandung unsur SARA dan Provokasi.
4. Tidak menyisipkan link pada isi komentar, link aktif maupun tidak.

Komentar yang tidak memenuhi ketiga syarat tersebut pasti akan kami HAPUS, terima kasih